Jasa desain interior murah
19
Des

jasa desain interior murah

Jasa desain interior murah memang banyak dicari oleh kita yang sedang merencanakan membangun atau merenovasi interior baik itu untuk rumah,apartemen,kantor atau toko. Hukum ekonomi selalu berlaku “mengeluarkan jumlah uang sekecil kecilnya untuk mendapatkan manfaat sebesar besarnya” setuju? pasti setuju hehe..

Padahal kata murah sebenarnya bersifat relatif, tergantung pada manfaat dan jumlah uang yang dikeluarkan. Analogi sederhananya seperti ini. Harga mobil 400juta adalah mahal untuk sebuah Avanza dan murah untuk sebuah Ferrari. Padahal jumlah uangnya sama sama 400juta namun jika dibandingkan dengan nilai dan manfaat yang didapat dari dua produk yang berbeda maka nilai 400juta itu akan memiliki relativitas murah dan mahal.

Sama halnya dengan harga jasa desain interior, murah dan mahal adalah relatif tergantung dari beberapa aspek di bawah ini:

  1. Portfolio sang designer (baca:desainer)

Semakin berpengalaman sang desainer dalam pekerjaannya maka tarifnya pun akan semakin tinggi.Apalagi jika selain jam terbangnya yang tinggi, klien kliennya pun ternama.Mimin pernah dengar info sang desainer berpengalaman sekelas ini bertarif Rp 500,000 sampai Rp 1,000,000 per meter persegi bahkan ada yang lebih dari itu. Sebaliknya, para desainer yang belum memiliki jam terbang yang lama tidak akan mematok tarif yang tinggi untuk menarik kepercayaan calon kliennya, biasanya bertarif Rp 50,000 sampai Rp 75,000 per meter persegi, bisa juga per ruangan yaitu dari Rp 400,000 sampai Rp 750,000 per ruangannya.

  1. Kerumitan konsep desain

Semakin rumit sebuah konsep maka desainer perlu berpikir lebih detail bagaimana cara mengaplikasikan konsep tersebut tidak hanya berupa gambar namun juga secara teknis bagaimana cara pembuatan dan perakitannya. Desainer pun dituntut harus dapat mengaplikasikan material yang cocok untuk setiap komponen dari interior tersebut. Believe me, it’s not that easy! Maka wajar wajar saja jika sang desainer memasang tarif yang tinggi jika klien menginginkan konsep baru yang unik dengan detail dan kerumitan tersendiri.

  1. Luasan lokasi

Semakin luas lokasi yang akan didesainkan maka harga satuan jasa desainnya akan semakin murah otomatis, contoh jika kita mendesainkan sebuah apartemen dengan luas 50 meter persegi maka tarif desain interiornya Rp 100,000 per meter persegi, namun jika luasan apartemennya 100meter persegi maka biaya desain per meternya bisa turun menjadi Rp 75,000 per meter persegi.Itupun biasanya anda bisa nego lagi lho.

  1. Jumlah revisi(perbaikan)

Di awal sebelum desainer mengerjakan gambar biasanya klien dan desainer akan bertemu untuk berdiskusi mengenai konsep yang akan digunakan untuk proyek interiornya.Klien juga dipersilahkan untuk membawa gambar gambar referensi(jika ada) untuk memudahkan desainer dalam memahami keinginan klien.Hasil diskusi akan dicatat berupa notulen meeting dan ditandatangani bersama sebagai bukti dan pedoman klien dan desainer.Setelah desainer memberikan preview pertama, biasanya desainer akan memberikan 3x kesempatan untuk klien dalam menyampaikan revisinya. Jika revisi lebih dari 3x maka revisi ke empat dan seterusnya akan dikenakan biaya revisi, biasanya sekitar Rp 500,000 1x revisi. Oleh karena itu, sebagai klien sebaiknya mengumpulkan dan mencatat terlebih dahulu revisi yang akan disampaikan agar revisi dapat digunakan secara efektif.Jangan sampai biaya jasa desain interiornya menjadi mahal hanya karena revisi bolak balik yang tidak efektif dan kurang dipikirkan secara matang.

Jasa desain interior murah memang banyak ditawarkan, namun alangkah lebih baiknya anda memilah terlebih dahulu berdasarkan portfolio desainernya mana yang kira kira lebih cocok untuk rencana proyek yang anda miliki. Jangan sampai hanya ingin mengejar harga jasa desain interior murah ternyata sang desainer tidak dapat mengakomodasi kebutuhan ide anda akhirnya anda bayar biaya yang sia sia karena desainnya tidak terpakai.

Ingin jasa desain interior murah bahkan gratis? cek dulu beberapa pekerjaan yang telah kami kerjakan di sini